Pendidikan Jasmani adalah mata pelajaran yang diikuti seluruh siswa, yang mempunyai ciri khas sendiri yakni memberikan pengetahuan, keterampilan gerak, peningkatan kebugaran jasmani, sikap-sikap positif melalui pengalaman gerak

Rabu, 08 Agustus 2012

Olimpiade London 2012: Senior dan Junior

Jamaika oh Jamaika. Luar biasa memang talenta yang mereka punya, seperti halnya Brazil yang dikenal sebagai gudang pemain sepak bola. Jamaika mempunyai Usain Bolt yang memecahkan rekor dunia pada lari 100 m dengan catatan waktu yang fantastis, 9.58 detik. Wow! Rata-ratanya nggak sampai 1 detik untuk 10 meter. Walaupun saat menjadi juara di olimpiade kali ini (9.63 detik), dia memang tidak dapat memecahkan rekornya sendiri, tapi coba lihat siapa yang finis dibelakanya. Dialah sang junior. Yohan Blake. Dia menempati urutan kedua (perak) dengan hanya selisih 0.12 detik dibelakang seniornya.
Jamaika memang sering membuat kesulitan negara lain pada satu cabang ini. Tentunya latihan yang berat telah mereka lalui, sama halnya dengan atlet-atlet lari pada umumnya. Semua atlet lari yang berlatih keras bisa senang atau sedih hanya dengan waktu hitungan detik. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil lari 100 meter mereka. Terlambatnya reaksi saat start, posisi khas badan di kurang lebih 60 meter pertama, menjaga langkah agar tetap stabil, determinasi yang kuat, kekuatan mental, sampai kemampuan otot untuk bekerja secara eksplosif (power). Kita bisa melihat jelas perbedaan postur tubuh pelari cepat dengan pelari jarak jauh, yang satu besar dan yang satunya kecil. Sepertinya akan berat jika membawa tubuh yang berat karena otot itu untuk berlari, tetapi memang itulah gunanya karena mereka butuh power yang luar biasa kuat, begitupun dengan lengan mereka.
Jamaika, luar biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar