Pendidikan Jasmani adalah mata pelajaran yang diikuti seluruh siswa, yang mempunyai ciri khas sendiri yakni memberikan pengetahuan, keterampilan gerak, peningkatan kebugaran jasmani, sikap-sikap positif melalui pengalaman gerak

Kamis, 19 Juni 2014

Piala Dunia 2014 Brazil: Australia vs Belanda

Jawara Oceania Buat Susah Tim Oranje

Pertandingan yang berlangsung di Porto Alegre sudah berlangsung 19 menit ketika Arjen Robben membuat gol pembuka pertandingan. Kemenangan Tim Belanda memang sudah diperkirakan terlebih mereka baru saja mengalahkan juara bertahan Spanyol pada pertandingan pertamanya dengan memasukkan 4 gol ke gawang Iker Casilas. Tim Kanguru yang tampil luar biasa sejak menit awal segera membalas melalui first time volley shot Tim Cahill setelah menerima first time pass dari sisi kiri pertahanan Belanda 1 menit setelah gol Robben.
Socceroos memang layak memimpin statistik babak pertama mengingat serangan dan pertahanan yang sangat aktif. Umpan akurat diikuti dengan kontrol yang baik tidak dapat diimbangi oleh Tim Belanda yang melakukan serangan monoton yang sangat lambat.
Babak kedua Louis van Gaal mengganti formasi 3 bek dengan menurunkan anak Danny Blind lebih main ke belakang setelah bek kiri Tim Belanda mengalami cedera setelah berbenturan dengan Tim Cahill pada akhir babak pertama. Masuknya Memphis Depay membuat babak kedua menjadi milik Belanda. Pergerakan yang lebih aktif dan "ketidakharusan" bola melewati kaki Wesley Sneijder membuat permainan Belanda menjadi lebih menarik.
Bagaimanapun, pada babak kedua, Tim Oranje tertinggal lebih dulu dengan penalti sang kapten Australia. 5 menit berselang RVP menyamakan kedudukan setelah serangan balik yang dilakukan Belanda diakhiri dengan tendangan kaki kirinya setelah jebakan offside bek kiri Australia gagal. Yang lebih menyakitkan dari gol Tim Belanda adalah sebenarnya Australia mendapatkan peluang sangat baik setelah bek kanan Belanda melakukan miss pass dan dicuri oleh pemaian Australia. Sayang dia malah melakukan pass ke tengah, padahal sebenarnya dia bisa menyelesaikannya dengan menembak langsung ke gawang Belanda walaupun dari sudut agak sempit. Anak muda, Memphis Depay, menutup kemenangan timnya dengan membuat gol khas David Beckham (saat muda) dengan melakukan tendangan melengkung ke kiri gawang Australia.
Fakta unik pada pertandingan yang berlangsung:
1. Kedua gol di babak pertama menggunakan kaki kiri.
2. Kedua striker, Robin van Persie dan Tim Cahill sama-sama mendapatkan kartu kuning yang membuat mereka absen pada perandingan berikutnya.
3. Belanda maju ke babak 16 besar dengan skor 6 dari 2 pertandingan, sementara Australia keluar dari ajang sepak bola terbesar di dunia ini dengan skor 0 dari 2 pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar